SGN Lakukan Giling Perdana. Harapan Petani Tebu Pada SGN Begini…

Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (SGN), Aris Toharisman menegaskan, pihaknya optimis bahwa giling perdana Pabrik Gula (PG) Semboro, Jember dipastikan akan memberi kontribusi besar terhadap pergulaan  nasional.

Reporter : Achmad Arif

Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (SGN), Aris Toharisman menegaskan, pihaknya optimis bahwa giling perdana Pabrik Gula (PG) Semboro, Jember dipastikan akan memberi kontribusi besar terhadap pergulaan  nasional.

“Kami optimis SGN akan memberikan kontribusi terhadap produksi gula nasional sekitar satu juta ton di tahun ini, naik dibanding tahun lalu capaian PG PTPN Group yakni 850.000 ton saja. Mudah-mudahan dengan kondisi iklim yang lebih baik, kemudian dukungan mitra petani tebu bisa mewujudkan target dalam rangka mendukung target produksi gula nasional 2,7 juta ton,” kata  Aris Toharisman di Jember kemarin sore.

Selain itu Aris menjelaskan, pihaknya juga menerapkan  service dan operasional excellent sehingga hubungan kemitraan antara pabrik gula dan petani tebu berlangsung harmonis.

“Kita fokusnya ke sistem bagi hasil, jadi akan kita perbesar posisi sistem bagi hasil. Mengapa demikian? Karena esensi dari kemitraan pabrik gula dengan petani itu ada di siste bagi hasil. Kami memberikan apresiasi berdasarkan kualitas tebu yang masuk, jadi kalau tebunya berkualitas baik randemennya tinggi, tentu bagian petani juga akan lebih tinggi dan Ini akan mendorong petani untuk bisa meningkatkan kualitas tebunya sehingga kadar gulanya tinggi, Nah itulah bentuk kemitraan yang sesungguhnya dan akan meningkatkan tingkat kesejahteraan petani,” jelas Aris

Saat ini kata Aris,  10 pabrik gula SGN di Jawa telah melaksanakan aktivitas giling yakni PG Semboro, PG Djatiroto, PG Glenmore, PG Assembagoes, PG Pradjekan, PG Gempolkrep, PG Kremboong, PG Ngadirejo, PG Pesantren Baru, serta PG Pagottan dengan semua menggunakan sistem bagi hasil.

Baca Juga : 

Tahun Ini, SGN Sepakati Targetkan 13 Juta Ton Tebu Tergiling

General Manager PG Semboro, Noor Drajad mengatakan, PG Semboro sendiri di tahun ini telah  menargetkan produksi tebu mencapai 8 juta kwintal tebu dan gula produksi sebesar 56 ribu ton.
 

“Tiap tahun kami pasti menargetkan lebih besar ya dibanding tahun kemarin. Jika tahun kemaren produksi tebu mencapai 7,7 juta kwintal tebu, tahun ini meningkat menjadi 8 juta kwintal tebu,” ujar Noor Drajad.

Sementara itu salah satu petani tebu mitra,H Gofur mengatakan, harapannya kepada pihak SGN agar kesejahteraan petani menjadi perhatian dan pabrik gula dapat meraih laba di tahun ini.

“Harapan kami mudah mudahan di tahun giling 2023 ini semua bisa berjalan dengan baik dan lancar, petani sejahtera, pabrik gula juga meraih laba, dan kami dalam hal ini petani sangat berterima kasih Kepada PT SGN yang selalu memberikan solusi solusi kepada kami petani. Apalagi tahun ini dengan sistem bagi hasil. Ini sebetulnya hakekatnya mengajak kita supaya kita lebih transparan supaya kita lebih terbuka supaya kita open management,” ujarnya Gofur. (R1)

 

Terkait

Terkini