x
x

Hingga Juli PLN UID Jatim Mampu Tanam 20 Ribu Mangrove dan 1010 Pohon Produktif

Rabu, 19 Jul 2023 15:42 WIB

Reporter : Advertorial

JATIMKINI.COM, Terlibat aktif dalam upaya mencegah dampak perubahan iklim dan kelestarian lingkungan, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur bersama DLH Sampang dan BBPJN Jawa Timur - Bali melakukan penanaman 510 bibit pohon di sepanjang Jalan Raya Blega-Sampang Desa Jungkaran, Kabupaten Sampang.

Acara penanaman bibit ini dihadiri Kepala Bidang Konservasi dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang, Irawan, Pejabat Pembuat Komitmen Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur Bali, Supriyadi dan Manager PLN UP3 Pamekasan, Feri Asmoro Hermanto.

PLN bekerja sama dengan DLH Kabupaten Sampang dan BBPJN Jawa Timur-Bali menanam bibit pohon jenis Trembesi. Pohon Trembesi dapat ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh dan penghijauan. Selain itu, dengan aksi tanam pohon ini berpotensi menyerap emisi karbon CO2.

 Tentunya penanaman bibit pohon tetap memperhatikan jarak aman dengan jaringan listrik, sehingga ketika tumbuh nanti tidak menimbulkan potensi bahaya keandalan pasokan listrik. 

"Kami sangat bangga dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memperbaiki kualitas udara di Desa Jungkaran. Penanaman bibit pohon ini adalah langkah konkret kami untuk mengurangi jejak karbon dan mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga alam sekitar," terang Feri.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Pertamanan DLH Kabupaten Sampang, Irawan menyambut baik upaya yang telah dilakukan PLN.

“Kerjasama yang baik di bidang lingkungan harus terus dibina antara PLN dengan DLH, agar usaha pemerintah dalam melestarikan lingkungan dapat terus ditingkatkan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan program peduli lingkungan oleh PLN setelah sebelumnya melakukan penanaman 500 bibit pohon di Sumenep dan penanaman 20.000 bibit Mangrove di Surabaya.

General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Lasiran berharap kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi yang telah terjalin baik bersama stakeholder.

"Penggiatan penanaman pohon produktif di lingkungan sekitar maupun bibir pantai, electrifying lifestyle menggunakan kendaraan listrik merupakan aksi yang terus kami gaungkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga masa depan bumi bersama yang diawali dengan langkah kecil seperti ini," pungkas Lasiran.

Editor : Redaksi

LAINNYA