x
x

IPSS Gelar Gotada XXIV, Diikuti Lebih Dari 1500 Pegowes

Selasa, 28 Mei 2024 10:45 WIB

Reporter : Rere Nia Achmad

JATIMKINI.COM, Lebih dari 1500 pegowes antar klub/komunitas sepeda menjadi bagian dari perhelatan Gowes Tapal Kuda (Gotada) XXIV bertajuk Explore Lapindo, Minggu (26/5/2024). Ikatan Pencinta Sepeda Sidoarjo (IPSS) sebagai penyelenggara event tahunan ini mengajak pegowes bersepeda ke wisata Lumpur Lapindo.

Rombongan peserta yang diberangkatkan sekitar pukul 06.30 WIB ini menyusuri jalan single track di kaki tanggul lumpur Lapindo, dilanjutkan ke kawasan Tanggulangin, dan Kalitengah. Perjalanan gowes dimulai dari titik start dan garis finish di Komplek Pergudangan Suncity Biz Arteri Porong.

"Jaraknya 22 kilometer ditempuh sekitar 2 jam," kata Ketua IPSS, Karnowo, menjelaskan panjang rute dan waktu tempuh bersepeda.

Lebih lanjut, Karnowo mengatakan, antusias pegowes mengikuti Gotada cukup tinggi, terutama pegowes dari Sidoarjo. Perbandingannya, 80 persen peserta Sidoarjo dan sisanya, 20 persen, dari daerah tapal kuda. Ini pula yang menjadi salah satu alasan IPSS menerima tawaran untuk menyelenggarakan Gotada di Sidoarjo.

Selain peserta dari Sidoarjo, Karnowo menyebut peserta daerah datang dari Banyuwangi, Sumenep, Jember, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Malang, Gresik, Mojokerto. Bahkan ada peserta yang hadir dari Jawa Barat.

Kedepan, Karnowo bersama komunitasnya berkeinginan membuat kegiatan gowes se-Gerbang Kertasusila, sehingga makin banyak peserta yang ikut dan datang ke Sidoarjo.

KORMI Kabupaten Sidoarjo sebagai organisasi yang mewadahi komunitas IPSS memberikan respon positif. Wakil Ketua II KORMI Kab. Sidoarjo Untung Suhardjo mewakili Ketua Umum KORMI Kab. Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, menyampaikan selamat atas terselenggaranya kegiatan, serta kerja sama dan kekompakan panitianya.

"Pengurus IPSS dan panitia yang mana bisa mengumpulkan goweser-goweser se-Jawa Timur itu adalah menyehatkan masyarakat," kata Untung saat ditemui disela-sela acara Gotada.

"Tidak hanya menyehatkan masyarakat tapi juga ikut mempromosikan pariwisata di Jawa Timut khususnya Kabupaten Sidoarjo, inilah bentuk dukungan dari semua pihak khususnya dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo," lanjutnya.

Diakhir acara, peserta gowes yang lelah menggowes dihibur dengan penampilan orkes dangdut dan pembagian doorprize

Editor : Ali Topan

LAINNYA