x
x

Yuk Intip Pejabat Eselon II di Pemkot Surabaya, Ada yang Kenal?

Jumat, 29 Des 2023 17:11 WIB

Reporter : Rochman Arif

JATIMKINI.COM, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan pelantikan pejabat jelang tutup tahun 2023. Rotasi dan mutasi jabatan diikuti sebanyak 231 Aparatur Sipil Negara (ASN), mulai dari jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan bahwa 231 pejabat yang dilantik, sembilan di antaranya merupakan kepala dinas atau pejabat eselon II. Sementara yang paling banyak merupakan jajaran di lingkup kelurahan dan kecamatan.

“Pelantikan paling banyak di kecamatan dan kelurahan sekitar 231. Dan sekitar sembilan kepala dinas yang juga berputar tempat (dinas). Semuanya rotasi,” kata Eri Cahyadi seusai pelantikan di Graha Sawunggaling Kantor Pemkot Surabaya dalam keterangan resminya, Jumat (29/12/2023).

Ia menegaskan bahwa rotasi dan mutasi bukan bentuk sanksi atau degradasi. Melainkan sebagai upaya menguji kemampuan dan kompetensi pejabat di tempat baru. Ia berharap, pejabat yang dirotasi dapat beradaptasi dan memberikan kontribusi bagi Kota Surabaya.

“Rotasi dilakukan ketika ada yang berhasil di satu titik, atau terlihat cocok di titik lain. Sebelumnya sudah saya sampaikan, kalau kinerjanya bagus, bisa diputar di tempat lainnya untuk menguatkan posisi lainnya,” Eri menambahkan.

Sementara itu, sembilan kepala dinas yang dirotasi meliputi Syamsul Hariadi yang dilantik sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (BPKSDM). Adapun Wiwiek Widayati, dilantik sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (Disbudporapar) dipimpin Hidayat Syah. Sedangkan Febrina Kusumawati dilantik sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Eri Cahyadi melantik RR Laksita Rini Sevriani sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP). Selanjutnya Dedik Irianto dilantik sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Nama lawas adalah Agus Hebi Djuniantoro yang dilantik sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Mantan kepala Dinas Perhubungan, Irvan Wahyudradjad dilantik sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang). Dan terakhir Lilik Arijanto, dilantik sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP).

Editor : Rochman Arif

LAINNYA